Indonesia’s Training Media

Just another WordPress.com weblog

Mengapa Carrefour dan Alfamart Memimpin

with 4 comments

winnerscircle.gifHasil riset MARS dalam Indonesian Consumer Profile 2008 menunjukan bahwa selama tahun 2007 tempat favorit untuk belanja kebutuhan rumah tangga pilihan masyarakat adalah Carrefour dan Alfamart. Carrefour merupakan tempat belanja berkategori hypermarket dan Alfamart masuk dalam kategori minimarket. Mengapa Carrefour dan Alfamart mampu menjadi favorit konsumen?

 

Seperti telah diketahui, keuntungan produk yang dituntut oleh konsumen tidak lagi keuntungan yang sifatnya fungsional. Tetapi juga keuntungan emosional. Untuk tempat belanja, tuntutan fungsional dapat berupa harga yang murah. Sedangkan keuntungan emosional lebih berupa lay out gerai dan cara display produk yang memudahkan dan membuat konsumen nyaman.

Nah, carrefour mampu memahami tuntutan konsumen tersebut. Karena itu, Carrefour membuat strategi dengan berkomitmen sebagai tempat belanja yang menjamin harga lebih murah. Bila ada hypermarket lain yang menjual produk yang sama dengan lebih murah, maka Carrefour bersedia mengganti selisihnya. Komitmen ini menjadi kekuatan Carrefour untuk dapat bersaing dengan tempat belanja lainnya dalam hal functional benefit.

Untuk urusan emotional benefit, Carrefour menerapkan konsep merchandise management yang meliputi merchandise plan (logo, knowledge, dan lay out) dan merchandise display. Konsep ini diterapkan seragam di setiap Negara. Tujuannya jelas, konsep ini ingin mempermudah dan membuat konsumen nyaman. Khusus display, Carrefour mengelompokkan beberapa produk tertentu berdasarkan taste, bukan merek.

Kemudian, gaya merchandise display ini diadopsi oleh oleh Alfamart. Dari yang sebelumnya mengelompokkan berdasarkan merek, Alfamart mulai mengelompokannya berdasarkan taste untuk beberapa produk tertentu. Berdasarkan pengalaman, Alfamart melihat ada kecenderungan konsumen datang bukan untuk melihat produk berdasarkan merek, tetapi berdasarkan taste.

Jadi, di era kompetisi yang semakin tinggi, perusahaan harus mampu memberikan functional benefit dan emotional benefit sekaligus agar bisa menjadi pemenang seperti carrefour dan Alfamart.***

Written by brammantya kurniawan

July 28, 2008 at 4:57 am

Posted in Hypermarket

Tagged with ,

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya sangat tertarik akan ulasan anda mengenai waralaba Alfamart diatas.

    1. Saya ingin bertanya bagaimana caranya untuk dapat menjalin kerja sama untuk membuka gerai Alfamart?
    2. Alamat yang bisa dihubungi di mana?
    Terima kasih atas bantuannya. Sukses selalu untuk Web Beritaretail…

    Zaskia

    Zaskia

    July 28, 2008 at 6:30 am

  2. Saya ada niatan untuk membuka usaha Mini Market di Jakarta. Apakah ada persyaratan khusus seperti SIUP dan NPWP? Seandainya ada, bagaimana cara mengurusnya dan ke mana?

    Bagaimana memperkirakan stok yang diperlukan pada awal mulanya?
    Dan apakah perlu ada distributor khusus yang menjadi pemasok dagangan kita, atau cukup kita membeli sendiri secara grosiran dari pasar?

    Terima kasih atas jawabannya.

    Robbie Wardoyo

    Robbie

    July 28, 2008 at 6:39 am

  3. untuk pertanyaan seputar alfamart silahkan kunjungi http://www.alfamartku.com atau email ke tanya@alfamartku.com

    Alfamart

    August 12, 2008 at 2:57 am

  4. masa alfamart memimpin?riset mars memang bisa dipercaya ya? ok dah, alfamart memang minimarket modern, kasir dan pelayan toko yang ramah-ramah..hidup alfamart!!tapi alfamart masih gandeng sampurna gak ya?ato udah ga?

    retail learn

    August 14, 2008 at 3:44 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: