Indonesia’s Training Media

Just another WordPress.com weblog

Re: [Hukum-Online] menjual data publik ke publik

leave a comment »

Loh pikiran kita koq mirip Pak?😀

Tapi coba saya cek satu2:
1. Ya, saya tertarik dengan alamat PN/PT
2. Kalo nama KPN saya tidak tertarik, tapi mungkin berguna bagi rekan2
pengacara,
saya lebih tertarik nama dan no hp puterinya KPN😀
3. Sama seperti no 2, saya tidak tertarik dengan nama hakim.
4. Ya, saya tertarik dengan data mengenai tindak pidana.
5. Tertarik, mirip no 4.
6. Hmm, boleh juga.
7. Apalagi ini, sangat bermanfaat bagi saya.
8. Redundan dengan no 7
9. Gak nolak.
10. Redundan dengan no 3, saya tidak tertarik.
11. Menarik.

Waktu saya iseng mencari mengenai data publik di arsip gmail saya,
ternyata menemukan
Keputusan Ketua MA, No 144/KMA/SKIVIII/2007 Tahun 2007 tentang
keterbukaan informasi di pengadilan
yang sudah diposting oleh salah satu rekan kita di sini, maaf saya
lupa namanya siapa.
Di situ disebutkan bahwa masyarakat dapat memperoleh data pengadilan
di pengadilan dengan
cukup mengganti biaya fotokopi, tapi aturan yang menegaskan kalo data
tersebut boleh atau dilarang untuk
dijual tidak ada. Dan saya masih belum yakin apakah data tersebut
termasuk ciptaan yang dilindungi oleh hak cipta.
Tapi yang jelas saya yakin pernah membaca di artikel koran/majalah
yang mengutip sebagian
data pengadilan, dan saya yakin rekan2 di sini sependapat dengan saya
kalo koran/majalah tersebut bisa
bersifat komersial. Dengan fakta tersebut, jika saya ingin menjual
data pengadilan, apakah lebih baik
perusahaan saya, saya daftarkan sebagai perusahaan pers saja? Atau tidak perlu?

Muhsin.

2008/4/26 rgsmitra <rgsimanjuntak@gmail.com>:
>
>
> Bisnis data publik ? sangat menggiurkan, asalkan informatif dan benar-benar
> bermanfaat bagi masyarakat. Ada beberapa ide kompilasi data yang berkaitan
> dengan informasi hukum, yang mungkin teman2 di milis ini ada yg berminat
> antara lain :
> 1. buat database alamat PN – PT se Indonesia, baik PN yang udah ditutup ato
> baru dibuka 1945-2007, yang saya yakin pegawai MA ataupun Ketua & Hakim MA
> belum pernah berkunjung ke seluruh PN di Indonesia🙂 bahkan ga tau ada
> nama pengadilan x kelas-2 di kota y.
> 2. buat database nama2 KPN se-Indonesia, lengkapi dengan kemana mereka
> mutasi & siapa penggantinya.
> 3. buatlah database nama2 hakim di kota anda, monitoring kemana hakim ini
> mutasi.
> 4. buatlah database tindak pidana apa angka tertinggi pada PN di kota anda
> 5. buatlah data statistik masing-masing putusan dari Tindak Pidana Narkoba
> [misalnya]
> 6. buat data base, berapa jumlah tersangka [kalau mungkin beserta
> nama-namanya] dan tuntas disidangkan hingga PN dan memperoleh putusan
> [misalkan dalam kurun waktu 2006-2007 saja] setiap 1 tahun.
> 7. Pernah suatu waktu rekan dari jakarta utara menanyakan ke saya dan
> meminta petunjuk [dibuatkan peta] bagaimana jalan menuju ke PN selatan dari
> Jakarta Utara… nah jika alamat PN ini dibuatkan petanya [misalkan
> sejakarta saja] dengan judul "Peta Menuju PN-Jakarta
> Selatan/Timur/Barat/Utara/Pusat", wah mungkin sangat bermanfaat apalagi jika
> anda berhasil menggambarkan denah ruang-ruang yang ada di setiap PN. Dari
> denah ini anda bisa menginformasikan kembali misalkan, PN mana yang memiliki
> WC paling jorok.
> 8. buatlah database denah ruang dari seluruh gedung PN di Jakarta, jadi kalo
> orang mau daftar gugatan ke bagian pendaftaran perkara langsung tau dia
> mesti belok mana, patokannya sebelah mana, jadi ga clingak-clinguk
> kebingungan.
> 9. [rajin2 dateng ke PN] dan amati jadwal sidang hari ini apa aja perdata &
> pidana, kemudian di publish via atau media lain. Nah kita bisa tau tuh ada
> apa engga temen kita jadi terdakwa🙂
> 10. buat database mutasi hakim PN-PT sejakarta aja dulu, si hakim A mutasi
> kemana, diganti sama siapa?
> 11. buatlah dbase berapa orang yang pernah diputus bebas murni oleh Majelis
> Hakim di Kota Anda, untuk semua jenis tindak pidana yang didakwakan kepada
> si-terdakwa…..jika mungkin lengkapi dengan putusan yang sudah tetap.
>
> Nah sekedar gagasan diatas, bisa kita renungkan betapa data itu bisa
> bermanfaat baik bagi masyarakat, praktisi hukum maupun mahasiswa/i hukum
> bukan… jadi benar2 sangat banyak koq tugas SH itu selain menjadi praktisi,
> dan data itu saya yakin sangat bermanfaat jika berhasil dihimpun.
>
> Nah pertanyaannya, apakah dbase yang dihimpun tadi bersifat melawan hukumkah
> atau ilegalkah jika dijual? Silahkan renungkan, apakah tindakan menghimpun
> data adalah PMH?
> Jangan dibahas jika dbase itu bersifat rahasia & dijual ke publik sudah
> pasti tindak pidana.
> rgs.
>

__._,_.___

———- [ Hukum-Online-subscribe@yahoogroups.com ] ———>
       SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama.
1. Bagi Praktisi, Hukum Online : wadah untuk mengasah kemampuan dan bertukar pikiran, ilmu dan pengalaman
2. Bagi yang awam hukum, Hukum Online : wadah untuk berkonsultasi untuk mencari solusi dan memecahkan masalah
—————————————————————>
Ingat Masalah dan Sengketa Hukum Ingat Hukum-Online@yahoogroups.com
Hukum-Online@yahoogroups.com : Domain mailing list dengan kriteria penyebutan Hukum Online disambung tanda hubung ditengah-tengah dengan domain yahoogroups.com , dan kami bukan underbow website hukum yang lain
—————————————————————>

Seting Mailing List
1. Seting normal untuk menerima e-mail individu
Hukum-Online-normal@yahoogroups.com
2. Seting sistem paket harian [sehari hanya menerima 1 – 3 e-mail]
Hukum-Online-digest@yahoogroups.com
3. Seting tidak menerima e-mail utk sementara waktu
Hukum-Online-nomail@yahoogroups.com
————————-
Dilarang
1. Dilarang mengirimkan SPAM
2. Dilarang mengirimkan materi Mesum dan SARA

Salam

Hukum Online
Moderator

Notes :
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat Indonesia yang Sadar akan Hukum serta membantu program Corporate Social Responsibility (CSR), maka Milis Hukum Online mencari pembicara yang memiliki kompetensi di bidang Hukum. Tujuannya adalah mencerdaskan & membuat bangsa Indonesia sadar & melek akan Hukum melalui kegiatan/aktivitas yang terjangkau masyarakat.

Apabila anda berminat, kirimkan CV anda ke : hukum.online@yahoo.co.id disertai dengan spesialisasi keahlian anda.
Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan.
Salam
Hukum Online

Recent Activity

Visit Your Group

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Dog Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about dogs.

Yahoo! Green

Get things and

get things for free.

Find out how.

.


__,_._,___

Written by brammantya kurniawan

April 28, 2008 at 8:37 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: